Berita Kesehatan

MPASI Tidak Nikmat ? Ini 5 Pemicu Bayi Seperti Ingin Muntah Saat Makan

Bayi di atas 6 bulan seperti ingin muntah atau justru melepeh makanan saat dikasih makan seringkali dihubungkan dengan rasa Makanan Pengiring Air Susu Ibu (MPASI) yang tidak nikmat. Walau sebenarnya, pemicu bayi muntah saat makan tidak selama-lamanya karena permasalahan rasa.

Seperti dikatakan pakar nutrisi komune DR. dr. Tan Shot Yen,M.hum. Menurut dia, pemicu bayi muntah saat makan tidak bisa disetarakan dengan pemicu muntah ke orang dewasa.

“Mengapa ya, orang dewasa selalu menyangkutkan pengalaman bayi dengan pengalaman sendiri? Bila Anda hoek (muntah), mungkin permasalahan ‘rasa’. Bayi?” kata Tan dalam upload Instagram pribadinya @drtanshotyen diambil Jumat (10/9/2021).

Tan juga mengatakan 5 factor pemicu bayi muntah saat dikasih makan. Dimulai dari anak berasa tidak nyaman sampai dampak sendok.

Sedang Tidak Nyaman

Pemicu pertama bayi muntah saat dikasih makan ialah bayi sedang berasa tidak nyaman. Keadaan ini bisa terjadi saat bayi baru usai dikasih ASI hingga berasa kenyang.

Disamping itu, juga bisa karena popoknya penuh, mengantuk, belum bab, dan belum dimandikan.

Pemicu ke-2 ialah, tempat makan yang tidak sesuai dengan dan membuat ruangan geraknya terbatas.

“Waktu nyusu, ia dipeluk. Saat ini? Kok makan di bangku penjara? Rasanya ingin berontak . Maka pangku anak Anda, lebih manusiawi. Tak perlu dipengaruhi tuntunan Barat anak dijebloskan ke bangku makan cuman agar ia teratur.”

Stabilitas dan Struktur

Pemicu ke-3 ialah stabilitas MPASI. Bayi yang umum minum ASI yang cair, sedang MPASI kental dan lekat. Karena itu di beberapa hari pertama pemberian makan, MPASI-nya bisa cukup dicairkan.

Begitupun pada pemicu ke-4 yaitu struktur. ASI saat diminum dapat segera ditelan, sedang MPASI condong “berisi” hingga sedikit susah ditelan dan mengakibatkan muntah.

“Maka ulek selanjutnya saring. Ampas yang gagal lolos di saringan itu cuman serat. Buang saja, tidak perlu mikir gizinya lenyap. Yang disebutkan gizi telah bisa lolos turun dari saringan masuk ke mangkok.”

Sedang, pemicu ke-5 berkaitan sendok. Menurut Tan, saat menyusui, puting ibu masuk sampai belakang langit-langit mulut bayi. Lidah tekan dan ASI keluar. Sedang, MPASI pemberiannya gunakan sendok.

“Keras, menyikat bibir dan gusi . Maka tidak salah bila Anda pakai jemari buat memberikan makanan pertamanya kali, suap dengan tangan asal lihat kebersihan,” ujarnya.

Leave a Comment